Loading...

CARA BERPIKIR OTAK KIRI DAN OTAK KANAN

OKE masih bersama gue SHUDAI AJLANI, baru sempet posting lagi nih sob :)
hm bingung ! yaaa bingung gue bingung, 
bingung adalah kehilangan akal dan tak tau lagi apa yang harus dibuat.
sepintas tentang arti bingung :)

Cara Berpikir Otak Kanan dan Otak Kiri
Ya itu judul postingan gue kali ini, dengan memanfaat kemampuan gue ini yang dulunya waktu jaman gue SMA gue ambil jurusan IPA (padahal baru tahun ini lulus SMA) dari pada gue lupa ilmu yang dikasih sama guru biologi gue mending langsung gue tulis deh yaaa :)

simak baik-baik kawan :)
Ini seinget gue !
1, 2, 3 gooooooo !!!!

Dalam kepala manusia terdapat otak kecil dan otak besar. Otak kecil berfungsi untuk mempertahankan hidup, bersifat naluri atau insting yaitu gerakan-gerakan yang bisa dilakukan dengan sendirinya, seperti makan, reproduksi dan mencari tempat tinggal yang aman.

Otak besar terdiri dari dua bagian yaitu belahan otak kiri dan belahan otak kanan. Gue pernah denger nama ini Reger Sperry Phd.

Beliau siapa day ???

Reger Sperry Phd adalah pemenang hadiah nobel membagi otak manusia menjadi dua belahan otak, yang biasanya gue sebut hemisfer. Belahan otak kiri disebut hemisfer kiri dan belahan otak kanan disebut hemisfer kanan. Setiap hemisfer mempunyai fungsi yang berbeda tetapi saling mendukung. Antara hemisfer kiri dan hemisfer kanan dihubungkan dengan suatu jembatan komunikasi yang gue sebut Corpus Collosum yang terdiri sekitar 100 juta sel otak.

Setiap hemisfer mengatur 50% dari setiap bagian tubuh. Hemisfer kiri mengatur bagian tubuh sebelah kanan dan hemisfer kanan mengatur bagian tubuh sebelah kiri. Kini dua belahan otak tersebut dikenal sebagai "otak kanan" dan "otak kiri".

Dari hasil eksperimen terhadap kedua belahan otak tersebut telah menunjukan bahwa masing-masing otak bertanggung jawab terhadap cara berpikir dan masing-masing mempunyai spesialisasi dalam kemampuan-kemampuan tertentu, walaupun ada beberapa persilangan dan interaksi antara keduanya.

day kalo proses berfikirnya gimana tuh ???

Oya hampir lupa gue, nih gue sebutin proses berfikir otak.

PROSES BERFIKIR OTAK KIRI
+ menyukai hal yang berurutan
+ belajar maksimal dari hal yang bersifat detail dulu, baru ke hal yang berssifat global
+ menyukai sistem membaca yang berdasarkan pada ponetik (tata bahasa)
+ menyukai kata-kata syimbol dan huruf
+ menyukai sesuatu yang terstruktur (tersusun urut) dan dapat diprediksi (diperkirakan)
+ mengalami lebih banyak fokus internal (ke dalam)
+ inin mengumpulkan informasi yang factual (nyata)

lanjut yaaaaaa :)

PROSES BERFIKIR OTAK KANAN
+ lebih suka dengan hal yang bersifat acak, tidak teratur, bebas
+ belajar memaksimalkan dari hal-hal yang bersifat global dahulu baru kemudian ke hal-hal yang bersifat detail
+ lebih menyukai sistem membaca yang bersifat menyeluruh
+ menyukai gambar dan grafik, juga "bentuk" dan pola serta seni
+ lebih suka melihat dulu atau mengalami sesuatu
+ lebih menyukai bekerja yang bersifat spontan dan alamiah
+ mengalami lebih banyak fokus external (keluar)
+ ingin pendekatan yang bersifat terbuka, baru dan memberikan kejutan-kejutan yang menantang
+ peka dengan warna dan kreativitas


"Kita sebaiknya dapat mengoptimalkan otak kiri dan otak kanan dengan seimbang. 
Tidak boleh melul otak kiri atau terus yang kanan. 
Dan yang lebih penting lagi otak harus selalu dihidupkan dan dilatih dengan belajar secara rutin."

shudaiajlani 730386186681968293

Poskan Komentar

  1. mungkin ini ya rahasianya joe sandi bisa cerdas gitu

    BalasHapus
  2. yah gagal pertamaxx balik nih . .hoho..
    wiiw gue jijik sob liat fotonya ,,ahaha . .

    BalasHapus
  3. Ya Alloh.. baru aku ketahui jika namamu SUDAI gan.
    thanks gan ya

    BalasHapus
  4. otak kecildan otak besar sama-sam penting kawan ya

    BalasHapus
  5. berkunjung mencari info baru

    BalasHapus
  6. dengan semangat 45 meluncur ke sini

    BalasHapus
  7. benar bnget day otak harus sllu dilatih dgn bljar rutin...

    BalasHapus
  8. yup
    kiri dan kanan mempunyai alur yang berbeda
    tapi bisa digabung sehingga menghasilkan manusia yang bagus

    BalasHapus
  9. klo otak kiri sama otak kanan kebalik gmn tuh sob? kikikikiikkkii...

    BalasHapus
  10. Harus seimbang,, antara otak kiri dan kanan.. tapi terkadang kebanyakan dari qt cuma menggunakan otak kiri.. Otak itu adalah kunci dari semua pikiran itu bermula:) Subhanallah

    BalasHapus
  11. mantab nih artikelnya sob, izin aq save yah

    BalasHapus
  12. ok mas infonya....
    met malam...

    BalasHapus
  13. masih menunggu postingan terbaru...

    BalasHapus
  14. sesuatu yang berLebihan pada satu sisi saja tentunya tidak baik, sehingga perLunya sebuah penyeimbangan yang tepat agar semua dapat berfungsi dengan baik.

    BalasHapus
  15. Info yang bermanfaat nih.
    Lengkap banget infonya.
    Jadi tahu sekarang bagaimana otak kiri dan otak kanan bekerja :)

    BalasHapus
  16. Sip.
    Otak kanan dan otak kiri emang harus seimbang dalam penggunaannya, biar gak berat sebelah, heheh..

    BalasHapus
  17. Sayangnya, pendidikan di Indonesia lebih menekankan pada aktivitas pembelajaran otak kiri, dengan mengunggulkan logika, cara berpikir matematis, dan analitis. Bahkan kekuatan otak kiri di-baku-kan dengan serangkaian tes IQ (Intelligence quotient ).

    BalasHapus
  18. @munir ardi : ya bisa jadi bang :)

    @Akmal Fahrurizal : itu otak manusia sob

    @tomo : iya bang nama saya shudai :)

    @uswah : silahkan :)

    @hikmah : sering-sering kesini yaaa :)

    @etam grecek : yoi bang etam :)

    @attayaya : ya itulah kebesaran Tuhan :)

    @siroel : jadi eror sob :)

    @Deasy : setuju :)

    @Rizky2009 : silahkan ki :)

    @secangkir teh dan sekerat roti : iya bang serem yaaa

    @Girant_31 : iya sob :)

    @om rame : setuju om :)

    @Narzis Blog : terimakasih sob :)

    @Dunia Hape : haha biar seimbang sob

    @Bang Iwan : iya bang bener banget tuh :)

    BalasHapus
  19. Artikelnya keren...
    Wah, punyaku udah seimbang belum yaa??

    BalasHapus
  20. Datang pagi dapat ilmu pengetahuan baru lg ni..thnxs ilmu na sob

    BalasHapus
  21. Disinilah fungsi kecerdasan emosional spiritual yang anda miliki berperan.
    Hmm....saya bisa banyak belajar di sini.

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Total Visitor: