Loading...

SELAMAT HARI IBU



Bingung mulainya
Ternyata enak yah.. Abis mandi, langsung nulis. Sengaja biar segernya nular ke tulisan ini. Kepengen nulis serius tentang ibu. Yuk mari..

Bingung mau mulai pake kalimat apa, biarin aja deh ngalir sendiri. Nanti juga ketemu kalimat pembukaannya. Menurut pembicara-pembicara seminar yang sempet gue ikutin waktu ngebahas tentang 'tata cara mulai menulis dengan tangan kanan ataupun kiri'. 

Kalo misalkan bingung mau nulis apa atau sebenernya udah kepikiran pengen nulis ini itu tapi tetep aja masih bingung buat mulai pake kalimat yang kayak gimana enaknya. Solusinya itu yaa jujur aja lagi sama tulisan sendiri kalo emang gue tuh sebenernya bingung mau nulis awal kalimat yang kayak gimana. Tuh liat aja tuh tulisan gue udah mulai kebuka sendiri kan kalimatnya? Padahal tadinya gue bingung mau mulai dari mana. Ya gue mulai aja dari kebingungan gue itu gue tulis. Muehehe.. Tinggal cari jembatan penghubung antara kalimat pembuka buat masuk ke topik utama tentang pembahasan gue ini. 

Sebut aja dia adalah dia
Hmmm dulu tuh dia masih bisa curhat-curhatan sama gue. Masih bisa tuker-tukeran pikiran. Masih bisa makan bareng. Bercanda bareng. Bahkan tidur bareng. Tapi sekarang dia udah nggak pernah kayak dulu lagi. Dia sekarang udah enak, udah bisa ketemu lagi sama belahan jiwanya. Menurut pengamatan dari mata telanjang gue, dia itu adalah sesosok manusia yang begitu sangat istimewa bagi orang-orang yang mencintainya. Dia selalu mengajarkan, mendidik dengan modal pendidikan yang sangat minim dan menasihati segaligus memotivasi orang-orang yang mencintai dia untuk selalu berusaha keras agar nggak mudah buat cepat putus asa dalam mengejar cita-cita. Meski sebenarnya dia adalah orang yang mungkin bisa dibilang kurang mendalami dunia pendidikan; buta huruf, nggak bisa ngegambar, nggak kenal sama jenis-jenis warna, nggak pandai matematika tapi pandai mengaji, berbicara dan menasihati sekaligus memotivasi orang-orang yang sangat mencintainya.


Dia bukan orang sosmed
Nggak pernah main facebook ataupun twitter bahkan nggak akan mau tau apa itu dan untuk apa. Karena dia bukan orang yang pandai dalam dunia digital. Bukan cuma itu, dijaman dia itu nggak ada yang namanya internet, listrik pun belom ada. Itu mungkin faktor yang ngebuat dia nggak akan pernah mikir buat ikutan register di jejaring sosial. 

Terus?
Ya sabar.. Gue masih terus nulis tentang dia kok.
Dia siapa sih? 
Emangnya pengen tau benget yah.. 
Iyah!!
Yauda lanjut baca aja sih.
Oke!!
Senyum dong.. 
Nyuuuuuuuum!
Nah gitu.. 


Dia juga termasuk orang yang sangat sabar, beda sama gue. Gue kadang nggak sabaran buat cepet-cepet liburan semester. 

Dia juga ngajarin buat orang-orang yang mencintainya untuk tetep manjadi orang yang sabar. Sabar akan segala macam lika-liku kehidupan. "Sabar kita hari ini cuma bisa makan nasi pake garam. Mungkin besok kita bisa makan nasi pake garam di tambah sepotong tempe atau mungkin lusa kita bisa makan nasi pake garam di  tambah sepasang tempe dan tahu. Sabar.."
Yaa mungkin itu cuplikan yang dulu dia rasain bareng orang-orang yang mencintai dia. Berkat kesabaran, tidak mudah putus asa, pengen terus berusaha,  nasihat sekaligus motivasi postif dan selalu diiringi dengan doa pastinya. Dengan berjalannya waktu, dia dan orang-orang yang mencintai dia tidak lagi makan nasi dengan garam, tempe tahu. Tapi dengan nasi dengan bakwan tempe dan tahu isi.

Yaaa bener.. Semua cita-cita dia dan orang-orang yang mencintainya akan semakin tampak terwujud dikit demi sedikit. Hidup itu butuh proses. Dia dan juga orang-orang yang mencintainya, pada waktu itu sedang berproses untuk tetep berusaha tersenyum bersama didalam roda kehidupan dengan berbagai macam persoalan yang mereka hadapi. Sampai sekarang ini. Orang-orang yang mencintai dia dengan sangat tulus. Bisa bangkit. Menjadi anak-anak yang berpendidikan dan alhamdulilah sukses dengan sebagian besar orang-orang yang mencintai dia atau bisa dibilang anak-anak kandung dia. Atau juga mereka bisa dibilang bokap, om dan tante-tante gue. 

Orang-orang yang dilahirkan tidak dengan modal pendidikan yang maksimal. Karena dia hanya sekolah sampai kelas 4 SD. Tapi dia berhasil melahirkan orang-orang yang tulus mencintainya untuk di didik dengan nasihat serta motivasi dan juga pelajaran-pelajaran yang bukan dari dunia pendidikan akan tetapi dari lingkungan kehidupan yang mereka jalani setiap hari.
Dengan tekad yang luar biasa sekarang sebagian besar anak-anak dia atau yang gue tulis diatas tadi orang-orang yang mencintai dia dengan tulus. Sebanyak total 11 orang. Dengan sebagian besar orang-orang itu menjadi orang-orang yang sangat berperan penting dalam dunia pendidikan dan juga pemerintahan.
 
Sampai pada suatu hari dia sempet nggak bisa bangun dari tempat tidurnya, kekamar mandi, makan, pakai baju semuanya dilayani sama orang-orang yang dia ajarkan kesabaran waktu dulu. Dia dirawat dirumah sakit selama beberapa hari. Pada Juli 2010, dia pun menghembuskan nafas terakhirnya di salah satu Rumah Sakit yang ada di luar kota Jakarta. Selamat tinggal nek.. Semoga nenek diberikan tempat yang pas dan istimewa dari Allah SWT. Amin..
Dia ibu yang sangat hebat, ibu yang sangat minim dengan dunia pendidikan tetapi bisa melahirkan anak-anak kandung yang sekarang berperan penting dalam dunia pendidikan serta pemerintahan. 
Dia adalah nenek gue. Dia adalah orang tua dari bokap, om-om dan tante-tante gue. Dia adalah wanita istimewa. Dia adalah ibu yang luar biasa. Dia adalah motivator untuk kita cucu-cucunya.

Selamat hari ibu B')


Mau ngucapin selamat hari ibu pake animasi @avatarjome? Klik tweet dibawah aja B)
selamat hari ibu 4855631102347903529

Poskan Komentar

  1. hmm, awalnya dhe ngira "dia" itu IBU kamu lho dai, ee ternyata bukan.. hehe :D

    perjalanan nenek kita pun kurang lebih sama dai, mungkin orang-orang zaman dulu memang seperti itu yaa.. semoga kita bisa mendapatkan banyak pelajaran dari kisah hidup mereka..

    BalasHapus
  2. happy mother's day T_T - sudah kah anda mengecup kening ibu mu dai ? semoga sang nenek shudai diterima sisi Allah .... aminnnn

    luar biasa

    BalasHapus
  3. hayo buruan kasih hadiah buat ibumu
    kasih cucu kek...

    BalasHapus
  4. seorang ibu emang selalu special dan luar biasa...

    BalasHapus
  5. Selamat Hari Ibu 22 Desember...

    BalasHapus
  6. SELAMAT HARI IBU , surga dibawah telapak kaki ibu :) salam kenal masbro

    BalasHapus
  7. untung salah satu cucunya ada yang jai blogger sukses yah.... :P

    BalasHapus
  8. woh keren juga ni post, soalnya di mana-mana blogwalking pada bilangnya selamat hari ibu tapi yang ini untuk ibunya ibu. mantap, like this post. anyway rumah gue ga di purinya sih tapi deket puri, di taman aries. :P

    BalasHapus
  9. loalah dai, kirain ibu kamu ternyata nenek mu yaaa.
    semoga nenek tenang di sana yaa, dia pasti bangga punya cucu kayak kamu B)

    BalasHapus
  10. Sayang bener sama nenek ya? Semoga Nenek bahagia sekarang di sana.

    BalasHapus
  11. Selamat hari ibu ya sob semoga dapat mengingatkan kita betapa kerasnya perjuangan dari seorang ibu untuk seorang anakanya :) karena surga berada di bawah telapak kaki ibu :)

    BalasHapus
  12. hari ibu itu everyday kalo mnurut saya... :D
    pa kabar nih?

    BalasHapus
  13. wah aku kira juga awalnya ini cerita tentang ibunya kak Shudai :) ternyta ibunya ibu ya :)

    BalasHapus
  14. selamat hari ibu dan sekarang selamat tahun baru 2012 :D

    BalasHapus
  15. selamat tahun baru ya sob semoga tahun tahun sebelumnya jika mengalami sebuah masalah atau kegagalan, di tahun kedepannya sebagai injakan untuk memperbaiki masalah yang lalu dan menjadi manusia yang lebih baik :) maaf sob ane telat ngucapinnya kesobat :)

    BalasHapus
  16. selamat malam.sudah lama tidak berkunjung ke blog ini.

    BalasHapus
  17. selamat hari Ibu, dan seluruh wanita yang menginspirasi :)

    Semoga neneknya damai dalam pelukan Tuhan :)

    BalasHapus
  18. hola mas.... mampir lagi saya.... :D

    BalasHapus
  19. wah IBU memang wanita yang THE BEST

    BalasHapus
  20. IBU adalah sosok manusia mulia yang tak akan bisa tergantikan jasa dan kenangannya oleh apapun :-)

    BalasHapus
  21. the most inspire woman...
    selamat hari ibu ^_^

    BalasHapus
  22. gw suka semua tulisan tulisan lo shudai..
    apalagi yang ini..
    like this sooo..
    4 jempol deh ^^

    BalasHapus
  23. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    BalasHapus
  24. kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
    Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
    ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Total Visitor: