Loading...

FAKTA MENGENAI OTAK


Bila gue berbicara mengenai otak, apa yang terlintas dalam pikiran elo ? ada bermacam-macam istilah yang menggunakan kata "otak", seperti otak encer (sebutan untuk orang pintar), otak udang (sebutan untuk orang bodoh) dan otak-otak yaitu makanan khas orang Sulawesi Selatan. Apakah elo kenal otak lo sendiri, bagaimana cara kerja otak, sifat otak makanan otak dan bagaimana cara memaksimalkan cara kerja otak. Hal ini perlu diketahui agar elo dapat memanfaatkan kemampuan otak secara lebih baik untuk mencapai hasil nalar yang optimal.

MAU TAU KAN ???
baca terus yaaaa :)

Setiap manusia memiliki otak yang beratnya lebih kurang 2 % dari total berat tubuhnya.

(kok tau day ?)

PERLU DIKETAHUI 
gue memanfaatkan ilmu gue waktu di SMA sebagai anak IPA

lanjut yaaa :)

Otak manusia terdiri dari 72-78% kandungan air, dan 10-12% kandungan lemak. Meskipun berat otak manusia 2% dari total berat badan tubuhnya, ternyata otak mengkonsumsi 20% dari persediaan oksigen tubuh. Semakin keras kita berpikir maka akan semakin banyak kalori yang dibakar. Sehingga semakin banyak oksigen yang dibutuhkan.

Manusia saat dilahirkan sudah dilengkapi dengan otak yang luar biasa. Di dalam otak tersebut terdapat 12-15 juta sel syaraf atau neuron (bahasa anak IPA).
Setiap orang dikaruniai jumlah neuron yang sama. Tidak ada yang lebih banyak atau lebih sedikit, tetapi perlu disadari bahwa jumlah yang lebih banyak itu, hanya berupa potensi yang harus dikembangkan.
Mengapa ada orang yang jenius, ada yang sedang-sedang saja pinternya, dan ada orang yang bodoh ?? Itu sangat tergantung bagaimana ia menggunakan otaknya ????

Setiap neuron mempunyai cabang-canbang yang disebut dendrit. Kalau lo berfikir dan menggunakan otak lo, maka neuron-neuron tersebut saling berkontraksi. dan dendrit-dendritnya bersatu dengan yang lain kemudian mengeluarkan cairan yang berisi protein dan lemak yang biasa gue sebut myelin (pembungkus dendrit sehingga menjadi lebih kuat).

lanjuttt yaaaa :)

Kalau sudah demikian otak pun siap merekam dan dimakan (upssss !!! hehe itu mah otak-otak). Merekam memori atau peristiwa yang terjadi dan biasa gue sebut proses myelinisasi.

contoh dulu nih yaaa :)
Kalau gue sering mengulang pelajaran, maka proses myelinisasi akan semakin kuat. memori pelajaran akan terekam lebih banyak dan tersimpan dalam otak lebih lama. Tapiiiiiiiiiiiii .....

(tapi apa day ??????)

baca terussss makanyaaaa :)

tapi kalau gue enggak pernah belajar, atau belajarnya jarang-jarang, maka proses myelinisasi pun enggak pernah terjadi, karena neuron-neuronnya enggan (males-malesan) berinteraksi, dengan demikian otak gue pun tidak siap merekam memori.

JADI buat elo elo semua "sangat disayangkan apabila kita malas belajar, otak yang diberikan Tuhan YME kepada kita yang sangat luarrrr bisa itu, tidak akan memberikan manfaat" ECAMKANNNN !!!! hehehe :)


OKE GUE BERHARAP PENUH DENGAN GUE MENULIS POSTINGAN INI, GUE PENGEN (khususnya untuk gue) SELALU DIBERIKAN KEMUDAHAN DALAM MEMULAI BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI NANTI (niat yang positif kan ? hehe) BUKAN CUMA GUE TAPI BUAT KITA SEMUA. AMIN AMIN .....




Mengenai postingan sebelum ini
Bawah Lima Tahun atau sering disingkat sebagai Balita merupakan salah satu periode usia manusia setelah bayi sebelum anak awal. Rentang usia balita dimulai dari dua sampai dengan limatahun,atau biasa digunakan perhitungan bulan yaitu usia 24-60 bulan

Bayi merupakan manusia yang baru lahir sampai umur 24 bulan

Jawaban pertanyaan dari postingan BAYI ATAU BALITA ???? 
nomer :
1. 18 agustus 2008
2. BAYI (karena umurnya masih 21 bulan 26 hari atau belum 2 tahun) hehe
3. cowok
4. terimakasih yang udah nge add + follow :)




MARI KITA SELALU BERTEMAN


MOHON DOANYA, MOHON DIBACA DAN MOHON DIKOMTARIN !!!!! :) 
OTAK 2950426198642208768

Poskan Komentar

  1. yg kemarin cm benar satu di point 3 cowok....
    nilainya brapa tu day....?

    bejar pangkal pandai jadi otak jg encer,,

    trus klo ariel trmsuk otak apa day?

    trus apa benar nh ada yg di sebut otak kotor?

    BalasHapus
  2. wah.. kuat mana yaw otak kiriku atau otak kananku yaw??

    BalasHapus
  3. Enak yang punya otak encer.
    Yg tidak ya harus di asah terus biar jadi encer

    BalasHapus
  4. kunjungan dari sahabat bertuah...

    BalasHapus
  5. ada satu Lagi day istiLah otak; "enggak punya otak".
    seberapa besarpun kapasitas otak mampu untuk menampung iLmu pengetahuan, namun biLa tidak dimaksimaLkan untuk beLajar tetap aja kemampuan otak jadi minimaL.
    -------------------
    JADI TERTARIK NIH UNTUK MEREVIEW TULISAN INI, GIMANA DAY BOLEH GAK?.

    BalasHapus
  6. berkunjung di pagi hari
    mencari info yang bermanfaat di blog ini
    terima kasih
    semoga sukses

    BalasHapus
  7. Yup, tapi setiap masing - masing individu berbeda - beda kecepatannya dalam memahami sesuatu, tapi asal rajin nanti juga dapat jadi pinter koq....

    BalasHapus
  8. Manusia di karuniai akal yang bersumber dari otak... sebisa mungkin memanfaatkan dan memaksimalkannya.. :)

    Soal Otak2 kebetulan tadi saya barusan Memakannya

    BalasHapus
  9. hmmm.
    wah ane berarti musti berlajar banyk biar proses myelinisasi akan semakin kuat.
    biar cpet apal kali..
    wkwkwkwkwk...

    BalasHapus
  10. Thanks dah berbagi ilmunya.. Sukses sll!

    BalasHapus
  11. mksh banget y ilmunya,,,

    aq mau punya otak yang encer kuadrat

    BalasHapus
  12. Otak emang kalo gak dipernah di asah, lama-lama ketull... hahhaa

    BalasHapus
  13. @etam : ariel otak encer bang, dy pinter bernyanyi dan menciptakan lagu
    otak kotor adalah berpikiran yang negativ

    @hanumuslem : wah aku jadi pengen ngejelasin tentang otak kiri dan otak kanan, insya allah postingan selanjutnya saya akan posting tentang itu :)

    @tomo : iya benar bang, harus bisa kita memanfaatkan otak kita. supaya encer kita harus mengasah terus

    @ayel bertuah : terimakasih bro

    @om_rame : silahkan om dengan senang hati saya serahkan om meriview ulang :)

    @imtikhan : sering-sering kesini ya sob :)

    @ToPu : iya bener sob :)

    @My Blog : iya nice :) wah bawa dong sob otak otaknya :)

    @odonk's : iya bener sob seperti apa yang aku tuliskan di atas :)

    @Deasy : terimakasih :) sering-sering kesini yaaaa

    @Umy Diary : oke ikuti petunjuk aku di atas semoga otak mu tambah pinter dan encer :)

    @akhatam : ketull ? hehe bisa aja bang, iya emang bener juga

    BalasHapus
  14. memang otaknya ariel maknyoss dah..apalagi yg lagunya "buka dulu topengmu..buka dulu topengmu..

    BalasHapus
  15. Otak, organ manusia yang sangat luar biasa. Ayo kita daya gunakan otak ini seoptimal mungkin. Karunia Tuhan yang tiada taranya bagi manusia. Trims infonya sobat. Salam sukses.

    BalasHapus
  16. @bang etam : yoi bang kebuka kan topeng sebenernya

    @Herdoni Wahyono : bener banget sob. kita harus bersyukur dan kita juga harus merawat otak yang super duper ini dari pemberian Tuhan YME :) terimakasih udah mampir, sering-sering mampir yaaaa :) SEMANGAT !!!

    BalasHapus
  17. aku perlu tambahan otak nih sobat karena aku memang anak jurusan bahasa dulu waktu sma, jadi nggak belajar ipa, dan matematika, makanya aku nggak bisa jawab hikksss

    BalasHapus
  18. otak harus terus belajar, sampai tua pun harus terus belajar, hal-hal baru.. biar ga ALZAIMER.. :)

    BalasHapus
  19. Mantab kawan, Ane bnyak dpt ilmu dari postingan ini, thanks ! Trutama ttng proses myelinisasi otak.
    Neuron2 otak Ane dah pade godek kli yee, karena slalu kpikiran makan otak-otak mlulu, Heehehee... :)) Salam sobat, good luck !

    BalasHapus
  20. @bang munir : anak bahasa pandai menulis bang hehe, dengan menulis dan membaca otak bertambah encer bang. dan melatih nalar kita :) SEMANGAT BANG !!

    @-Gek- : bener bener tuh mbaaa :)

    @gaelby : iya kawan semoga bermanfaat yaaa, gpp sob dari pada makan otak sendiri mendingan makan otak-otak hehehe :) SEMANGAT YA !!

    BalasHapus
  21. kunjungan balik dulu...nih.....

    BalasHapus
  22. potensi otak tiap manusia emang sangat besar, tergantung kitanya . .
    yuppzz . .setuju bos! :)

    BalasHapus
  23. kayaknya yang paling enak tuh otak-otak, kalo otak udang udah jelas ga enak & ga ngenakin, nah kalo otak encer enaknya pake es batu biar seger hehehe

    BalasHapus
  24. aku tergolong bodo paling gan ya

    BalasHapus
  25. tulisan bagus.. aku juga dengar katanya otak manusia pada umumnya baru terpakai 20-30% aja. bayangkan kalo bisa maksimal??..

    BalasHapus
  26. otak manusia bahkan lebih hebat dari komputer

    BalasHapus
  27. Alam semesta seberat satu kilogram,,subhanallah.. betapa supernya otak manusia:) Thanks dah sharing!

    BalasHapus
  28. terima kasih atas ijin.
    setiap review saya bukan berarti repost, meLainkan sebuah pembahasan menurut cara pandang saya sendiri.
    dari review tersebut misaLnya adaLah bisa dijadikan sebagai media pembanding (anaLisa), atau meLanjutkan beberapa pembahasan yang sempat tertinggaL pada postingan ini, atau dasar-dasar/pengembangan dari postingan ini, dLL yang tentunya tidak copas dari postingan ini.
    meLainkan sebuah cara pandang yang saya sampaikan, bertujuan bahwa postingan ini berkaitan dengan cara pandang saya. yang tentunya kaLau kedua postingan tersebut dibaca akan Lebih memaknai Lagi arti dari pembahasan yang teLah di ungkap.
    ------------------
    bahan-bahan review saya sebenarnya sudah sejak Lama tersimpan di draft posting, namun untuk mereviewnya menunggu ada pembahasan (tema artikeL) bLog sahabat yang agak nyambung dengan bahan-bahan review tersebut. jadi tinggaL edit sedikit (biar Lebih nyambung) sudah siap posting.
    okok om segitu duLu, ditunggu aja kabar baiknya. karena jadwaL antriaL review Lagi agak numpuk, hehehehe... sok sibuk. piss ach.

    BalasHapus
  29. Wach komplit bgt nich sobat informasinya dan marilah kita tetap semangat untuk terus bljr agar otak semakin encer hehehe,slm knl...:D

    BalasHapus
  30. Kalo otak ngeres or otak kotor gitu adanya dsebelah mana ya??? wkwkwk..

    BalasHapus
  31. @Fajar : oke bro

    @Akmal Fahrurizal : okelah sob :)

    @abecho : iya sob otak-otak emang enak :)

    @tomo : enggak ko bang, otak encer bang :)

    @Kirana : iya terimakasih, kita harus bersyukur :)

    @secangkir teh dan sekerat roti : iya kita harus rajin :)

    @mixedfresh : itulah Kebesaran Tuhan YME sob, kita harus bersyukur :)

    @Deasy : oke terimakasih, sering-sering mampir kesini yaaa :)

    @om_rame : iya om saya mengerti, saya tunggu om kabar baiknya :)

    @Rchymera|Blog™ : SEMANGAT BRO !! oke salam kenal juga, sering -sering kesini ya bro :)

    @Girant_31 : wah nanti akan saya bahas lain waktu hehe

    BalasHapus
  32. mudah2an kita bisa memaksimalkan otak kita sesuai fungsi syar'inya.. :D

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Total Visitor: