Loading...

PENGETAHUAN, ILMU, DAN BUAH PIKIRAN (SHUDAI ANAK BROADCAST)

Yang dimaksud dengan pengetahuan adalah kesan didalam pikiran manusia sebagai hasil penggunaan panca indra yang berbeda dengan kepercayaan tahayul dan penjelasan yang keliru.

Contoh I:
Penduduk di Papua yang masih agak terbawa dengan kebiasaan nenek moyang, sebelum berburu didatangkan dukun, mantera dibacakan supaya perburuan berhasil.

Contoh II:
Orang kulit putih dianggap mempunyai kepintaran lebih tinggi dibanding dengan orang kulit hitam, itu pun tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

Pengetahuan yang bisa menjawab kebenaran kedua contoh tersebut. Pengetahuan bertugas menghilangkan prasangka akibat ketidakpastian tersebut.

Pengetahuan berbeda dengan buah pikiran, sebab tidak semua buah pikiran merupakan pengetahuan. Tidak semua buah pikiran memerlukan pembuktian akan kebenaran karena buah pikiran hanya angan-angan manusia.

Tidak semua pengetahuan merupakan ilmu, hanya pengetahuan yang tersusun secara sistematis serta mempunyai dasar pemikiran, itu merupakan ilmu pengetahuan. 

Yang dimaksud dengan pemikiran adalah pemikiran dengan mempergunakan alat pengetahuan diperoleh melalui kenyataan, kemudian disusun secara sistematis oleh otak dan hasilnya itulah yang disebut ilmu pengetahuan.


YEY AKHIRNYA SAMPAI JUGA SETELAH MUTER-MUTER HAHA :D
Itu adalah versi anak broadcast tentang 
PENGETAHUAN, ILMU, DAN BUAH PIKIRAN


shudai anak broadcast 7659666352735636827

Posting Komentar

  1. Wah ini bahan kuliah ya..

    BalasHapus
  2. waduh... ini materi kuliah??
    muter muter ampe bingung tp akhirnya selesai juga >.<
    semangaaaat ^^

    BalasHapus
  3. kalo keluar di ulangan semester kayaknya bakalan ketuker2 saya jawabnya... wkwk.....
    pokoknya dengan pengetahuan, kita ga akan merasa bodoh atau terbodohi dan dibodohi... :D
    btw selamat ngulang tahun gan, sorry telat... hha

    BalasHapus
  4. Jadi inget kuliah nih!!, sayang waktu itu belum ada blog.... wah skrg ente mah enak yah, ga usah beli buku....he..he.

    BalasHapus
  5. Busset deh panjang amat muternay Day hhe...... tapi pokoknya ilmu pengetahuan susunan sistematis kenyataan yang dibikin sama otaQ lah hhe...

    wah Selamat Ultah ke-18 sekalian nie Brader... sorry gak bisa Previous ke Postingan kmaren soalnya lagi konyol koneksi hhe.....

    Happy B'day brow....

    BalasHapus
  6. wow, ada yg lg ultah ya???
    18 tahun???
    happy birthday y...
    :)

    BalasHapus
  7. dapat ilmu baru nih disini, tentang pengetahuan..

    BalasHapus
  8. jadi menambah ilmu pengetahuan nih :)

    BalasHapus
  9. ternyata semuanya punya definisi yang berbeda, salut untuk anak komunikasi, saya sih menyamakan semua , wah mesti lebih banyak baca lagi ini

    BalasHapus
  10. buah pikiran itu apa sama dengan buah apel newton?

    BalasHapus
  11. Nice posting Sob.
    Eh, selamat ulang tahun ya. God Bless to U.
    Salam.. .

    BalasHapus
  12. Hehehe... iya neh kaya WIKIPEDIA sob...

    Btw tengkyu n tetap semangat

    BalasHapus
  13. matep juga nih penjelasan ttg pengtahuan dan buah pemikrian ente sobb

    BalasHapus
  14. mantap banget gan...kayak guru besar di KAIRO penjelasannya

    BalasHapus
  15. hmmm...
    mencoba mencerna pelan2 dulu sobat...
    dapat ilmu menarik nih...

    BalasHapus
  16. Bagus sekali informasinya. Semakin menambah wawasan bagi kita2 yang membacanya. Mungkin perlu ditambah lagi dengan beberapa literatur supaya lebih lengkapa

    BalasHapus
  17. pengetahuannya ketahuan .... he he...

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

Total Visitor: